Minggu, 06 Februari 2011

Tentang Asam yang Rasanya Asam

Hal kecil saya mulai dengan mempelajari hal terdekat dengan saya saat ini. Sekarang saya sangat senang minum yang namanya sari asam. Hemm, sebenarnya apa sih kandungan dari asam? Dan apa sih manfaat nyata dari asam itu?



Asam Jawa (Tamarindus indica) termasuk famili Leguminoceae.
Nama Lokal:
Tamarind (Inggris), Tamarinier (Perancis), Asam Jawa (Indonesia), Celangi, Tangkal asem (Sunda); Asem (Jawa).
Untuk ciri morfologi dari asam itu sendiri
Termasuk tumbuhan berbuah polong. Batang pohonnya yang cukup keras dapat tumbuh menjadi besar dan daunnya rindang. Daun asam jawa bertangkai panjang, sekitar 17 cm dan bersirip genap. Bunganya berwarna kuning kemerah-merahan dan buah polongnya berwarna cokelat dengan rasa khan asam. Di dalam buah polong selain terdapat kulit yang membungkus daging buah, juga terdapat biji berjumlah 2 – 5 yang berbentuk pipih dengan warna cokelat agak kehitaman.
Tanaman yang biasanya kita gunakan untuk bumbu masakan ini ternyata punya beberapa kandungan vitamin yang berguna bagi kesehatan tubuh. Asam jawa berasal dari Afrika. Umumnya asam jawa tumbuh dengan subur di daerah yang beriklim tropis.
Asam jawa mengandung rasa yang asam karena mengandung asam tatrat, asam malat, asam sitrat, asam suksinat, dan asam asetat. Hampir semua bagian dari asam jawa memiliki manfaat. Masyarakat sering mengonsumsi asam jawa ini untuk campuran masakan, seperti bacem, bumbu oseng, dimasukkan ke dalam sayur asem, atau untuk menggoreng ikan.
Fungsi dari asam
Dapat mengobati
Asma, Batuk, Demam, Sakit panas, Rheumatik, Sakit perut, morbili, Alergi/ biduren, Sariawan, Luka baru, Luka borok, Eksim, Bisul, Bengkak disengat lipan/lebah, Gigitan ular bisa.
Dalam sumber lain mengatakan
Asam jawa bermanfaat untuk melancarkan buang air besar, memperbaiki peredaran darah, mengurangi nyeri haid, menghilangkan keputihan, melangsingkan tubuh, mencegah rambut rontok, dan sebagainya. Buah asam juga dapat digunakan untuk membersihkan barang yang terbuat dari logam dan kuningan. Sedangkan daun asam dapat melancarkan buang air besar dan menghilangkan rasa sakit. Kandungan flavonoid yang terkandung pada daun asam jawa bersifat sebagai anti radang, membantu mengeluarkan keringat, dan menghilangkan sakit.

Penelitian mengatakan bahwa estrak biji asam jawa memiliki anti bakteri yang kuat, terutama untuk melawan bakteri E. Coli. Dari penelitian yang dilakukan di Surabaya diketahui bahwa ramuan jamu gendong yang mengandung asam jawa mengalami lebih sedikit kontaminasi dengan bakteri. Minuman asam jawa juga terbukti dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Asam jawa memiliki kandungan kalori, protein, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C. So, jangan remehkan asam yang rasanya memang asam ya.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More